Facebookers communitas
SEBRANG [ SELAGAI LINGGA, LAMPUNG TENGAH, LAMPUNG, SUMATRA]
creat of argir ( AREK GIRI )
Ada teduh dalam tatapan matamu ada cinta yang tulus untuk ku ada kasih yang terdalam dalam bathin mu dalam renta menahan sakit mu kau dekap aku dalam bahasa kasih yang tak pernah kumengerti kau kecup aku dengan bahasa cinta sucimu engkau melindungiku saat aku tak berdaya engkau curahkan tetesan kasih laksana embun yang mendinginkan daun dikala fajar menyengat halus lembut belaian tangan mu memberikan kekuatan untuk ku melewati jalan semu di hidup ku keluh kesah suara parau yang kudengar dalam doamu meminta dari yang khaliq sejuta kebaikan untuk diriku dalam derita yang kau tahan, dalam sakit yang kau simpan jelas tergambar duka yang mendalam kau emban dalam pundak deritamu kau simpan dari kami putra putrimu didalam tatapan syahdu dan sendu kau masih diam dan kelu kau meminta untuk beristirahat dalam kesendirianmu mencoba untuk menjauh, karena satu, kau tak mau membagikan duka mu tubuh mu semakin tak berdaya, menahan sakit yang amat menyiksa namun bening tatapan matamu masih memancarkan cinta yang terdalam yang kau punya kau bawa sejuta cinta dan kasih mu, dalam fajar pagi yang hangat melepaskan berjuta-juta beban dalam tubuh mu dalam larikan nafas akhirmu, kau hempaskan sejuta nestafa yang selama ini mengandoli tubuh mu meminta setitik cinta dari tuhan mu untuk jalan kembali pulang

Sabtu, 20 Agustus 2011

beberapa hal tentang mencari ilmu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Ikhwah Fillah Rahimakumullah..
di halaman ini, ana akan menjelaskan beberapa hal tentang mencari ilmu. dasar kenapa ana membuat blog ini. dan smoga blog ini dapat bermanfaat dan membawa barakah bagi antum wa antuna sekalian.
Bismillahirrahmanirrahim..
“Niscaya ALLAH akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan ALLAH Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Mujaadilah [58] : 11)
Al-Qur’an dengan sangat terang menjelaskan bahwa, orang yang akan diangkat lebih tinggi derajatnya dihadapan ALLAH Subhaanahu wa Ta’ala adalah orang yang berilmu.
Ilmu adalah penerang pemikiran, pemberi kebijaksanaan, dan juga memperluas pengetahuan tentang dunia dan akhirat.
Tentunya kita sudah tidak asing dengan peribahasa ‘Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina’.
Maksud peribahasa ini tidak semestinya kita harus belajar sampai ke Cina, tetapi lebih mengandung interpretasi untuk menuntut dan meraih ilmu sebanyak mungkin, walaupun harus sampai ke negeri Cina.
Lalu, apakah kita harus sampai menuntut ilmu seperti itu?
Jawabannya adalah harus!
Tidak peduli jauhnya, tidak peduli berapa umurmu, tidak peduli apapun jenis kelaminmu, tidak peduli kamu miskin atau kaya, tetaplah menuntut ilmu sampai kapanpun.
Mengapa kita harus menuntut ilmu sampai seperti itu?
Menurut Ibnul Qayyim Rahimahullah, beliau mengatakan bahwa:
“Sesungguhnya ilmu itu melapangkan dada dan meluaskannya sehingga ia menjadi lebih luas dari dunia. Dan kejahilan akan mewariskan kesempitan, keterbatasan, dan keterkurungan.
Kapan ilmu seorang hamba semakin luas, maka dadanya akan semakin lapang dan lebih meluas.
Namun ini bukanlah pada setiap ilmu, bahkan hanya pada ilmu yang terwarisi dari Ar-Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu ilmu yang bermanfaat.
Orang-orang yang berilmu (merekalah) yang paling lapang dadanya, paling luas hatinya, paling indah akhlaknya, dan paling baik kehidupannya.”
Dari perkataan beliau mengenai ilmu, sudah sepantasnya kita terus berusaha dan tidak pernah berhenti untuk terus belajar serta menuntut ilmu sebanyak-sebanyaknya.
Ilmu yang wajib kita pelajari bukan hanya sekedar ilmu agama saja, tapi pelajarilah ilmu-ilmu lain yang bermanfaat seperti sains, mate-matika, teknologi, komunikasi, dlsb.
Dan janganlah lupa bahwa segala ilmu yang kita miliki itu wajib untuk dibagi-bagi kepada orang lain sehingga ilmu yang didapatkan itu mengandung manfaat dan kebaikan buat orang lain.
Marilah kita bersama-sama tanpa lelah untuk terus belajar hingga akhir hayat kita, sehingga mudah-mudahan ALLAH Subhaanahu wa Ta’ala mengangkat derajat kita lebih tinggi dihadapan-NYA karena ilmu yang kita miliki dan pelajari selama hidup didunia.
“Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”
(QS. Thaahaa [20] : 114)
Semoga bermanfaat salam ukhuwah fillah sahabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar